Minggu, 13 November 2016



     KELAS MAYA

             A.     Pengertian Kelas Maya

 Hasil gambar untuk kelas maya
Kelas Maya adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.
Perbedaan antara kelas maya dengan kelas biasa adalah adanya pembatasan berkomunikasi. Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka. 
 
B.Manfaat kelas maya 


Kemampuan teknologi informasi pada proses belajar-mengajar terletak pada storage system, manipulasi pesan dengan berbagai teknik multimedia yang lebih menarik, pengolahan data yang lebih akurat, kecepatan transmisi data serta kemudahan akses. Jika kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan secara tepat dan bijak maka ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari kelas maya.
Berikut adalah keuntungan menggunakan kelas maya       :
1.      Materi lebih luas
2.      Pembelajaran disesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa
3.      Mempersingkat waktu tanpa perlu pergi ke kelas
4.      Mengurangi belajar bergantung pada buku teks dan lebih relevan dengan dunia luar
5.      Menghemat kertas
6.      Peduli Global Warming, jadi siswa tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor untuk belajar
7.      Mendeteksi Copas
   
   C.  Jenis – Jenis Kelas Maya
1.    Learning Management System (LMS)
Learning Management System adalah perangkat lunak atau software yang dgunakan untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan materi-materi pelatihan. Dan semua itu dilakukan dengan online.
2.      Learning Content Management System

Aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat, memperbaharui, mengelola atau mempublikasikan isi dalam sebuah sistem yang teroganisir dan konsiten yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet.. LCMS digunakan untuk menyediakan, mengawasi, memperinci dan mempublikasikan dokumen-dokumen spesifik seperti artikel, manual operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur penjualan. Sebuah LCMS dapat berisi file komputer, gambar, audio, video, dokemen elektronik dan isi website.
3.      Social Learning Network (SLN)

SLN adalah jejaring social untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar. Mengingat skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian yang lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.
 
 
 
 
D.     Contoh Penerapan Kelas Maya
 
1.      Edmodo sebagai Social Learning Network (SLN)
 
Edmodo hanyalah salah satu dari beberapa jenis Social Learning Network yang beredar di World Wide Web. Edmodo adalah sebuah media untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Edmodo menggabungkan sebagian fitur dari Learning Management System dan sebagian fitur dari Jejaring Sosial (Social Network) menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan, kemudian lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Network). Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara dan Nic Borg pada tahun 2008.
Edmodo merupakan jejaring sosial yang dapat diakses dimana saja asal ada internet, aplikasinya gratis. Keunggulan Edmodo, antara lain menyediakan fasilitas yang mudah dan aman dalam mengembangkan kelas sesuai dengan keinginan, memberi kesempatan terjadinya pembelajaran sesuai karakteristik murid yang berbeda secara personal, dan menyediakan sarana komunikasi bagi guru,siswa dan orang tua/wali murid secara personal.
Beberapa fitur utama Edmodo yang dapat digunakan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut                        :
1.      Kelas maya dengan system Closed Group Collaboration, hanya mereka yang memiliki kode grup yang dapat mengikuti kelas.
2.      Komunikasi menggunakan model media sosial.
3.      Manajemen konten pembelajaran
4.      Evaluasi pembelajaran.

Ada juga beberapa kekurangan dari Edmodo, antara lain adalah :
1.   Hanya bisa diakses dengan menggunakan Bahasa Inggris
2.   Belum terintegrasi dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Google+
3.   Belum ada Video Conference
 
Kelebihannya adalah sebagai berikut : -Guru dan siswa dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun, sepanjang terhubung dengan internet -Pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar -Tidak terbatas jumlah siswa dan ukuran kelas -Penilaian dapat dilakukan dengan berbagai metode yang lebih bervariasi -Orangtua bias memonitoring kegiatan siswa di dalam kelas Adapun kelemahan system belajar online/kelas virtual adalah : -Relatif mahal, karena diperlukan koneksi internet, PC/laptop atau gadget/tablet untuk mengakses kelas virtual -Koneksi internet tidak stabil. Koneksi sering kali lemah karena jaringan yang belum begitu kuat di semua wilayah. -Tidak semua guru dan siswa memiliki kemampuan yang sama dalam penggunaan IT. Demikian kelebihan dan kekurangan pembelajarn secara online, seperti kelas virtual. Namun demikian pembelajaran secara online perlu dikembangkan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/masngadah/kelebihan-dan-kekurangan-kelas-virtual_54f70854a3331146228b46af
 
Kelebihannya adalah sebagai berikut : -Guru dan siswa dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun, sepanjang terhubung dengan internet -Pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar -Tidak terbatas jumlah siswa dan ukuran kelas -Penilaian dapat dilakukan dengan berbagai metode yang lebih bervariasi -Orangtua bias memonitoring kegiatan siswa di dalam kelas Adapun kelemahan system belajar online/kelas virtual adalah : -Relatif mahal, karena diperlukan koneksi internet, PC/laptop atau gadget/tablet untuk mengakses kelas virtual -Koneksi internet tidak stabil. Koneksi sering kali lemah karena jaringan yang belum begitu kuat di semua wilayah. -Tidak semua guru dan siswa memiliki kemampuan yang sama dalam penggunaan IT. Demikian kelebihan dan kekurangan pembelajarn secara online, seperti kelas virtual. Namun demikian pembelajaran secara online perlu dikembangkan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/masngadah/kelebihan-dan-kekurangan-kelas-virtual_54f70854a3331146228b46a
6 potensi menggunakan pemanfaatan (tik)

a.    Konektivitas - akses terhadap beraneka ragam informasi ‘tersedia’ dalam skala global.
Selama Anda memanfaatkan koneksi internet, Anda akan mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, Anda juga tidak akan merasakesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti Google atau Bing.
b.    Fleksibilitas–belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang Anda laksanakan selama ini (kelas konvensional), guru adalah sumber belajar utama bagi Anda. Akan tetapi dengan kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, Anda memiliki kebebasan dalam menentukan waktu yang tepat kapan Anda belajar dan tempat Anda belajar, selama Anda dapat menggunakan komputer dan mengakses internet.
c.    Interaksi – Dengan memanfaatkan TIK, Anda dapatmengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan ujian dimanapun dan kapanpun Anda inginkan. Dalam beberapa model ujian, Anda juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Anda.evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri.
 d.    Kolaborasi – penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas.
Dengan memanfaatkan internet, Anda telah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan perangkat diskusi melalui internet, Anda dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pendapat, baik mengenai  sebuah ide, permasalahan, maupun solusidengan rekan atau guru Anda.  Dengan perangkat ini Anda juga dapat membuat kelompok belajar. Dalam kelompok ini Anda akan dapat berbagi ide maupun sumber belajar antarteman
 e.    Peluang pengembangan– konten digital dapat terus-menerus dikembangkan sehingga dapatmemperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional.
Dalam kelas konvensional, Anda dan guru harus berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi dengan memanfaatkan TIK, guru Anda dapat memberikan instruksi dari tempat tertentu dan Anda tetap dapat mengikuti instruksi guru Anda tersebut walaupun Anda berada di tempat yang berbeda.
 f.    Motivasi – multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik.
Dengan TIK, Anda akan mendapatkan berbagai sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalahvideo atau animasi yang  menjelaskan konsep atau peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, Anda akan mendapatkan ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat Anda dalam belajar.

Lingkungan belajar yang mewadahi peran teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran inilah yang disebut dengan e-learning. Derek Stockley (2003) mendefinisikan e-learning sebagai penyampaian program pembelajaran, pelatihan, atau pendidikan dengan menggunakan sarana elektronik. 
Senada dengan Stockley, dalam bukunya E-Learning – A Guidebook of Principles, Procedures, and Practices, Som Naidu (2006) mendefinisikan e-learning sebagai penggunaan secara sengaja jaringan TIK dalam proses belajar mengajar. Selain e-learning, beberapa istilah juga digunakan untuk mendefinisikan model belajar mengajar tersebut yaitu online learning, virtual learning, maupun network atau web-basedlearning. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung terhadap penggunaan berbagai istilah tersebut.
 

Komponen Pendukung Kelas Maya (Virtual Class)

 Hasil gambar untuk kelas maya

Dalam kelas maya atau virtual class juga harus ada yang namanya kompunen pendukung. Keudian di kelas maya ini setidaknya sobat harus memiliki lima macam komponen pendukung, dianytaranya :
a. Konten untuk pembelajaran
Kelas maya merupakan proses pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka. Jadi, jika menjadi seorang pengajar atau pemberi materi harus memiliki komponen yang bisa dikatakan konten pembelajaran. Semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam kelas maya
b. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras merupakan alat yang dapat digunakan oleh siswa atau penerima bahan ajar untuk dapat terhubung dengan pengajar. Perangkat keras yang dimaksud adalah berupa komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone.
c. Perangkat lunak (software)
Pada saat ini ada banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai pendukung terlaksananya kelas maya. Perangkat lunak yang banyak digunakan dalam kelas maya yaitu seperti Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), dan Social Learning Network (SLN).
d. Strategi komunikasi
Strategi komunikasi atau interaksi dalam kelas maya ini menyangkut dari bagaimana siswa mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, hingga bagaimana cara siswa mengikuti ujian dalam kelas maya.
e. Jaringan internet
Nah, ini adalah unsur penting dalam berjalanya kelas maya atau virtual class yaitu jaringan internet, hukum memiliki jaringan internet dala kelas maya adalah wajib. Kenapa? Ya, karena hal ini disebabkan oleh segala sesuatu yang dilakukan oleh siswa dan pengajar dilakukan melalui jaringan internet
Artikel diatas tadi merupakan pengertian kelas maya atau virtual class, begitu juga dengan penerapan kelas maya dalam dunia pembelajaran serta komponen pendukung untuk dapat berjalanya kelas maya atau virtual class. Semoga artikel ini menjadi manfaat kepada sobat semua.


terimakasih atas knjungan anda :)
tatangsaputra032@gmail.com
SMK PGRI JATIBARANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar